Quotient

Diskusi singkat dengan Jo; dimulai dari hilangnya kemungkinan kami tuk jadi konsulat –masih penuh canda seperti biasa, baru akhirnya menjadi agak serius begitu memasuki tema spiritual quotient, tapi yang kami bahas kali ini adalah pada penggunaan istilah Quotient –menurutnya ini sungguh salah kaprah bila untuk kecerdasan spiritual dan emosional kita juga menggunakan istilah quotient sebagaimana untuk inteligensi.

Baiklah kita lihat dulu definisinya, dari literature yang bisa kami jangkau waktu itu, di kamus:

"Number obtained by dividing one number by another"OXFORD Learner's Pocket Dictionary

"a number which is the result when one number is divided by another"LONGMAN Dictionary of Contemporary English

Jadi kurang lebih maknanya adalah; "Jumlah yang diperoleh dari perbandingan suatu angka dengan angka yang lain."

Kalau boleh saya membawa pokok bahasan ini ke ranah metodologi penulisan skripsi, jawaban atas ketepatan penggunaan istilah quotient bisa diperoleh dengan pertanyaan berikut; Bila kita meneliti kecerdasan emosional maupun spiritual seseorang, metode penelitian kualitatif ataukah kuantitatif yang kan kita gunakan? Pantaskah bila kecerdasan emosi dan spiritual diukur dengan angka?

Nah, bila demikian adanya masih pantaskah bila kita memadukan istilah quotient dengan kata emotional, spiritual, bahkan ada juga yang membuat istilah Quranic Quotient? –he3X, bukan hak saya untuk memberikan justifikasi.

Oh ya, ada tambahan lagi dari Jo; "Bisa jadi penggunaan istilah quotient pada hal-hal di luar intelegensi hanyalah demi nebeng popularitas –gak peduli istilah tersebut salah atau benar, pokoknya keren n terkenal"

He3X, entahlah, saya bukan seorang ahli bahasa dan bukan hak saya untuk menentukan ketepatan penggunaan istiah tersebut. Dengan tulisan ini saya hanya ingin menggugah; kenapa tidak kita indonesiakan saja istilah-istilah tersebut? Bila kita tidak henti memperkaya kosa kata Bahasa Indonesia kita dengan istilah asing bukankah sama saja dengan menjual Bahasa Indonesia untuk dijajah bahasa-bahasa asing? Wallahu a'lam.

0 komentar:

Kunjungan

free hit counter
 

KhuzaiE menggunakan Revolution Two Church theme oleh Brian Gardner adaptasi ke Blogger oleh Bloganol dot com